Tuesday 16 August 2016

Published 20:15:00 by with 0 comment

Inovasi dalam bidang jasa & barang di kota Palu

   Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuhh.Jadi, kali ini saya akan membuat artikel yang akan saya gunakan untuk mengikuti lomba dari Good News From Indonesia (GNFI).Jadi,tanpa basa-basi lagi,langsung saja,cekidot.....

   Jadi, berbicara tentang inovasi,apakah kalian tau apa itu inovasi ?.Mari,saya jelaskan.Menurut saya, inovasi adalah peningkatan nilai suatu karya.Istilah gaulnya sih "upgrade".Tapi,kalau menurut guru IPS saya,inovasi itu adalah pengembangan suatu karya.Kalau menurut om google,inovasi itu adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada.menurut saya sih inti dari semua pengertian inovasi di atas itu sama yaitu,inovasi adalah suatu pengembangan karya, yang menghasilkan suatu karya baru yang berbeda dari yang sudah ada.

   Nah,sekarang kalian tentu sudah tau apa itu inovasi.Mari,kita lanjut lagi ke penjelasan yang sesuai tema yaitu,"Inovasi Daerahku",Karena saya tinggal di kota palu,Sulawesi Tengah,maka saya akan menampilkan beberapa inovasi di daerah tempat tinggal saya.

    Pertama,saya akan menjelaskan tentang inovasi dalam bidang kesehatan di  kota palu,Sulawesi Tengah.Jadi,langsung saja.Di kota palu terdapat sangat banyak rumah sakit di antaranya, RSUD Undata,RSU Budi Agung,RSU Anutapura, dan rumah sakit lainnya.Tapi,di sini kita lebih fokus terhadap rumah sakit undata palu.

   RSUD Undata Palu adalah rumah sakit negeri kelas B.Rumah sakit ini,mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis terbatas.Rumah sakit ini juga mampu menampung pelayanan rujukan dari rumah sakit kabupaten.Layanan Kesehatan ini telah terdaftar mulai 22/02/1979 dengan Nomor Surat ijin  445/123/OOT/KP2TD/2011.

    Setelah mendapat pimpinan baru pada tanggal  2 April 2015 yaitu,Dr.Reny Arniwati Lamadjido, Sp.PK,M.Kes,Rumah sakit undata kota palu akhirnya akan di pindahkan dari Besusu (daerah di kota palu ) ke tondo (daerah di kota palu ).pemindahan ini alhamdulillah sudah di gunakan secara penuh sejak awal tahun 2016 ini.

   Tujuan pemindahan rumah sakit undata ini,adalah untuk membuat rumah sakit undata menjadi lebih rapi dan aktifitas di dalamnya lebih teratur juga untuk meningkatkan lagi nilai guna dari rumah sakit undata.Seperti adanya penambahan alat-alat kesehatan.Di antaranya ,alat medis radiologi dan juga alat rekam tumor payudara.

    Saat ini,Rumah Sakit Undata palu sudah memiliki 68 dokter,46 di antaranya adalah dokter ahli .Sementara,tenaga paramedis sekitar 600 orang,200 di antaranya adalah non PNS.

   Nah, tadi kita berbicara tentang rumah sakit yang menjadi media dalam kegiatan ekonomi di bidang jasa.Berbicara tentang kegiatan ekonomi, memang tidak akan ada habisnya.Nah, sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, saya akan menjelaskan dulu apa itu kegiatan ekonomi ?
Salah satu contoh kegiatan ekonomi
   Kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi, terbagi menjadi 3 yaitu, produksi,konsumsi, dan distribusi. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang ataupun jasa. Dan distribusi adalah kegiatan penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Sedangkan konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang di hasilkan dari kegiatan produksi.

  Setelah berbicara tentang inovasi di kota palu dalam bidang kesehatan kali ini saya akan melanjutkannya dengan inovasi di bidang ekonomi di kota palu.

Produksi hasil rotan di kota Palu
   Salah satu bahan yang menjadi produk utama dalam bidang ekonomi di kota palu , adalah rotan . Saat ini Kota Palu telah memiliki kurang lebih 28 Idustri Kecil Menengah (IKM) rotan.Tetapi, yang menjadi kendala dalam kegiatan ekonomi rotan adalah penduduk lokal kota palu yang kurang menyukai peralatan berbahan rotan. Tetapi, kendala itu dapat di atasi karena, produk rotan dari kota palu masih diminati pasar nasional.

   Saat ini, produk rotan yang bersumber dari kota palu, telah di ekspor ke Jawa Timur, Cirebon dan Solo. Sehubungan dengan hal itu , Pusat Inovasi Rotan Nasional (PIRNas)di kota palu akan melakukan riset untuk pengembangan inovasi produk rotan, baik bentuk budidaya, bahan baku, produk tengah jadi hingga produk jadi termasuk pemanfaatan dan pemasaran.PIRNas hanya sebatas mengembangkan inovasi rotan yang lebih mengarah kepada perabotan rumah tangga seperti, kursi, meja hingga lemari. PIRNas akan terus memberikan inovasi terbaru rotan Sulawesi Tengah karena,memiliki kualitas yang baik untuk dikembangkan menjadi produk atau barang yang bernilai ekonomis.

   Jadi, sekian dari saya , wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tulisan tidak diperkenankan untuk melanggar hak kekayaan intelektual.

Kabar Baik https://www.goodnewsfromindonesia.id
Untuk Indonesia https://www.goodnewsfromindonesia.id/untukindonesia
Inovasi Daerah https://www.goodnewsfromindonesia.id/tag/inovasi-daerah  

 Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku
      edit

0 komentar:

Post a Comment