Thursday 1 September 2016

Published 21:41:00 by with 0 comment

Pesona Pangkal Pinang

   Assalammualaikum warahmatullahi wabrakatuh.so guys , di sini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang pesona yang danindah dari Pangkal Pinang. yeeey ......   so, listen carefully ok .

   Jadi, sebelum kita ke penjelasan mengenai pesona , lebih baik kita kepenjelasan umum dari Pangkal Pinang itu sendiri.Jadi, Pangkal Pinang adalah salah satu Daerah Pemerintahan Kota di Indonesia yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  sekaligus merupakan ibukota provinsi . Kota ini terletak di bagian timur Pulau Bangka. Kota Pangkalpinang terbagi dalam 7 kecamatan yaitu Taman Sari, Rangkui, Pangkalbalam, Gabek, Bukit Intan, Girimaya dan Gerunggang.

Provinsi Bangka Belitung
   Jadi,luas Pangkal Pinang itu sendiri adalah 118,408 km2.Populasi Kota Pangkalpinang kebanyakan dibentuk oleh etnis Melayu dan Tionghoa suku Hakka yang datang dari Guangzhou Ditambah sejumlah suku pendatang seperti Batak, Minangkabau, Paembang, dan suku lainnya.

   Kota Pangkalpinang merupakan pusat pemerintahan, pusat pemerintahan kota di Kelurahan Bukit Intan, dan pusat pemerintahan provinsi dan instansi vertikal di Kelurahan Air Itam. Kantor pusat PT. Timah Tbk. juga berada di sini. Pangkalpinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis/perdagangan dan industri di Bangka Belitung.

   Nah udah tau kan apa dan di mana itu Pangkal Pinang ?. Kalau udah, lanjut lagi ke budayanya.Pangkal Pinang memiliki beragam budaya . Tapi,di sini saya hanya akan menjelaskan sebagian kecilnya saja ya. Inilah di budaya di Pangkal Pinang .....

   Budaya Nganggung .Nganggung, merupakan tradisi gotong royong masyarakat Kota Pangkalpinang dengan membawa makanan lengkap diatas dulang kuningan yang ditutup dengan tudung saji, Tiap pintu rumah ( keluarga ) membawa satu dulang yang terbuat dari Kuningan, berisi makanan sesuai dengan status dan kemampuan kelaurga tersebut.Nganggung sering juga disebut dengan adat Sepintu Sedulang. Tradisi ini biasanya dilakukan pada upacara upacara keagamaan, seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, Mauludan, Nisfu Sya’ban, dan pada kegiatan Muharram. Kegiatan Ngganggung biasanyan dilakukan di Masjid dan di Kota Pangkalpinang sering dilaksanakan Nganggung Akbar di Rumah Dinas Walikota setelah dilaksanakan Pawai Taaruf.

   Ceng Beng. Ritual Ceng Beng merupakan upacara perwujudan dari sikap masyarakat TiongHoa yang sangat mencintai dan menghormati leluhurnnya, seluruh keluarga baik yang ada di Pangkalpinang atau di perantauan berupaya untuk pulang dan melaksanakan ritual.Puncak kegiatan dilaksanakan pada tiap tanggal 5 April kalender masehi. Kegiatan dilaksanakan sejak dini hari hingga terbit fajar dengan melakukan sembahyang dan meletakkan sesajian berupa aneka buah - buahan (cai choi), uang kertas ( kim cin )  dan membakar garu (hio)  , suasana dengan lampion dan beraroma hio yang menyengat hidung serta diiringi dengan alunan musik Belaz Band atau Tajidor.Kegiatan Ritual ini dimulai dengan membersihkan kuburan dan pendem biasanya dilakukan 10 hari sebelum pelaksanaan Ceng Beng.

   Pawai Ta`aruf. Pawai ta`aruf adalah pawai tradisional yang diikuti semua lapisan masyrakat dan diadakan dalam menyambut hari – hari besar islam, yang mana sebagian besar masyarakat melakukan pawai keliling kota dengan menggunakan baju muslim yang beraneka ragam. Sambil melantunkan salawat dan lagu-lagu islami, mengusung replika Al-Quran dan poster berisi pesan menjauhi masksiat. Upacara ini diadakan dalam Pawai Ta’aruf ini menjadi tontonan yang menarik bagi wsiatawan.
   
Budaya Nganggung
   Nah setelah mengetahui budayanya, pasti tambah mau liburan ke Pankgkal Pinang, kan ?. Nah supaya kamu tambah yakin lagi, kita langsung lanjut ke inti topik yaitu, pesona Pangkal Pinang.
cekidot.....

   Seperti yang kita ketahui setiap daerah pasti memiliki pesona atau potensi wisatanya masing masing. Begitu pula Pangkal Pinang. Inilah daftar tempat wisata di Pangkal pinganng yang nggak boleh kamu lewatin
 
 
Museum Timah Indonesia
   Pertama,Museum Timah Indonesia. Museum ini merupakan satu-satunya museum timah di Indonesia bahkan di Asia.Objek wisata ini beralamat di jalan Ahmad Yani No 179 atau dekat dengan pusat kota.Disini tersaji sejarah penambangan timah di Pulau Bangka sebagai penghasil timah terbesar di dunia dari jaman penjajahan Belanda hingga penambangan timah modern.‎Berbagai peralatan penambangan timah secara tradisional oleh masyarakat tempo doloe hingga peralatan penambangan modern dapat disaksikan disini berikut produk-produk kerajinan dari timah.Begitu masuk ke kawasan museum pengunjung sudah disajikan sebuah lokomotif kuno yang dulunya digunakan untuk mengangkut pasir timah pada jaman kolonial Belanda dan mangkuk-mangkuk pengeruk pasir timah yang digunakan kapal Keruk pada era penambangan timah modern.Museum Timah ini sendiri gedungnya masih bergaya kuno khas bangunan peninggalan Belanda.

   Kedua,Alun - alun taman merdeka.Tempat ini awalnya merupakan sebuah lapangan bola tempat pertandingan sepakbola antar kampung desa-desa di Pulau Bangka di gelar.Tempat yang berada di titik nol kilometer tepat di rumeh eks Residen Pangkalpinang ini selanjutnya disulap menjadi tempat rekreasi keluarga bagi kota Pangkalpinang.Disini ada areal permainan bagi anak-anak dan taman-taman yang indah untuk bersantai.Ada sebuah taman yang disebut dengan Taman Sari dilengkapi pepohonan rindang dan sebuah prasasti tentang penyerahan pemerintahan RI ke Jogjakarta dari Presiden Soekarno ke Sultan Hamengkubuono.Kawasan ini pada sore dan malam hari biasanya menjadi tempat bersantai keluarga maupun anak-anak muda.Pada akhir pekan, kawasan ini menjadi tempat olahraga warga kota Pangkalpinang.

   Ketiga,Pantai Pasir Padi.Pulau Bangka terkenal dengan pantai-pantai indah berpasir putih yang mengelilingi pulau ini.Objek wisata Bangka sendiri tidak bisa dipisahkan dari wisata pantai.
Begitu juga Kota Pangkalpinang, di kota ini ada objek wisata pantai yang sayang dilewatkan yaitu Pantai Pasir Padi.Pantai yang berjarak hanya sekitar 7 KM dari pusat kota itu menjadi tempat wisata favorit warga kota yang ramai dikunjungi setiap akhir pekan.Pantainya yang landai berpasir putih menjadikannya tempat yang cocok untuk mandi bersama keluarga.Pantai inii terbilang unik lantaran kendaraan roda dua maupun roda empat bisa berjalan hingga ke pinggir pantai tanpa takut terjebak pasir karena tekstur pasir pantainya yang padat.Tak heran setiap akhir pekan biasanya sering ditemui anak-anak muda mengadu kecepatan di tepi pantai ini.

 
Menara Air Minum
    Keempat,Menara Air Minum.Menara Air Minum atau dikenal juga dengan sebutan watertoren ini mempunyai bentuk yang mirip dengan dua tangki ukuran raksasa, tingginya 5 meter dengan diameter 8,25 meter. Ada banyak pipa besar untuk suplai air ke masyarakat dan dibatasi oleh tugu pembatas dari batuan granit sebanyak 6 buah tugu.Pembangunan watertoren dimulai masa pemerintahan Residen J.E. Edie (1925-1928). Ia lalu melakukan penelitian mengenai sumber air bersih  untuk Pangkalpinang.Dan akhirnya diperoleh 3 lokasi yaitu, Gunung Doel, Gunung Mangkoel, dan Sungai Nyelanding. Air dari Sungai Nyelanding keruh, sedangkan Gunung Doel sumber airnya sedikit.
Jadi dipilihlah Gunung Mangkoel sebagai lokasi sumber air yang tepat. Selanjutnya pembangunan Menara Air Minum dilanjutkan ke masa Residen Hooyer (1928-1931). Saat ini menara air minum telah masuk sebagai cagar budaya kota Pangkalpinang.

   Nah, setelah tadi tempat wisata.Sekarang kita ke wisata kuliner di Pangkal Pinang.Hmmm bagi yang suka makan ini nih  makanan dari Pangkal Pinang yang pasti enak ....


  1. Es Anggrek
Es anggrek, mungkin ada hiasan bunga anggrek atau bahan pembuatannya memakai anggrek? Salah semuanya! Nama Anggrek diambil dari nama restoran di mana es ini berada. Es anggrek adalah sejenis es diblender dengan siraman sirup buatan sendiri. Rasanya menyerupai es krim, lembut dan segar. Ditambah dengan kacang merah yang utuh dan tak terasa lunak. Nikmat! Apalagi kalau menyantap es ini saat cuaca panas, pas sekali.

  1. Otak-otak Kon Kim
Otak-otak ini berasal dari olahan sagu dan juga ikan. Otak-otak di sini memiliki saus yang istimewa, selain dari bahan pembuatannya yang lebih banyak komposisi ikan dibandingkan dengan sagu. Rasanya semakin makyus bila dicocol ke dalam saus kacang atau tauco.

  1. Grand Parai
Senang makan dengan nuansa tepi pantai? Datanglah ke sini. Pantainya terdapat banyak ikan tenggiri. Untuk menunya, cobalah tenggiri bakar yang lezat. Menu lainnya adalah sejenis tahu isi, dalamnya terdiri dari aneka sayuran plus saus yang mantap. Semakin melengkapi kenikmatan makan di Grand Parai.
  1. Mie Koba
Mie koba, mie yang memiliki citarasa seafood ini tak boleh dilewatkan. Kuahnya warna kecokelatan dengan rasa seafood kental. Nyaaam … membuat lidah bergoyang, saking lezat mie ini.
  1. Greeng Lesehan
Greeng Lesehan sangat pas dikunjungi saat anda ingin menikmati makanan khas daerah Bangka. Beberapa menu yang disediakan adalah lempah darat berisi sayur mayur. Yang mencolok adalah sayuran akar keladi yang berpengaruh terhadap rasa kuah lempah darat dan membentuk kuah jadi agak berlendir, tetapi masih nikmat. Lempah kuning berisi ikan, sebenarnya sama saja dengan lempah darat hanya berbeda bahan pembuatan. Kuahnya asam dan gurih dengan aroma terasi Bangka yang kental di hidung.
  1. Dodol Ketan
Hampir sama dengan dodol yang ada di Jawa. Dodol ketan Bangka juga merupakan campuran dari gula aren, ketan, dan santan. Rasanya manis legit dan beraroma khas. Memasaknya di atas api sedang dan pakai kayu palawan. Kalau warnanya sudah cokelat kehitaman berarti dodol sudah masak.
Dodol dibentuk memanjang mirip pipa paralon yang kemudian dibungkus pakai plastik yang bening. Kalau mau makan dodol ketan Bangka paling cocok pakai kopi pahit, karena dodol rasanya sudah manis, kan. Jangan lupa beli oleh-oleh ini kalau liburan ke Bangka.
  1. Getas
Getas atau disebut juga dengan kletek sangat terkenal sebagai jajanan Bangka seperti halnya kemplang atau kritcu. Terbuat dari sagu, ikan, garam, dan beberapa bumbu lainnya. Rasanya nikmat dan cocok untuk cemilan. Kebanyakan bentuknya lonjong atau bulat dan tidak akan sulit menemukan panganan yang satu ini. Karena banyak toko yang menyediakan. Umumnya dibawa sebagai oleh-oleh khas Bangka.
  1. Empek-empek
Empek-empak di Bangka, bahan dasar pembuatannya berbeda dengan yang ada di Palembang. Kalau Palembang biasanya pakai ikan gabus, Bangka pakai ikan parang-parang atau tenggiri. Empek-empek di sini dibentuk bulat memanjang dan bisa dinikmati setelah direbus atau digoreng. Dicocol pakai sambal tauco, sambal biasa, atau sambal terasi.
  1. Kemplang
Makanan ringan ini terbuat dari bahan ikan tenggiri atau cumi dengan tambahan sagu. Bentuknya tak hanya bulat saja tetapi juga ada yang segi empat dan kotak. Kerupuknya orang bangka ini bisa dinikmati setelah digoreng pakai minyak atau pasir dan dipanggang. Tidak sulit menemukan kerupuk kemplang di Bangka. Bahkan kita bisa belajar juga cara membuatnya karena banyak diproduksi di rumah-rumah warga.
  1. Kritcu
Bahan pembuatan makanan ringan khas Bangka satu ini adalah menggunakan telur cumi berkualitas. Kerupuk telur cumi berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebesar jemari ini sangat nikmat dijadikan cemilan. Banyak diminati wisatawan yang berkunjung ke Bangka.
  1. Lakso
Panganan ini terbuat dari beras dan sagu. Biasanya dapat ditemui saat sarapan atau ketika ada acara tertentu seperti selamatan. Kuahnya berbumbu ikan dan bawang merah, lengkap sudah kelezatan lakso ini.
  1. Pantiaw
Pantiaw yang merupakan makanan ringan khas Bangka ini bisa ditemukan di toko atau warung dengan mudah. Pantiaw yang terbuat dari tepung beras, bentuk mirip mie, warna putih, disajikan dengan bumbu beraroma kuah ikan yang disiram ke atas pantiaw.
  1. Kue Rintak
Kue khas dari Pangkalpinang yang terbuat dari campuran sagu, santan, telur, gula, wijen, paling enak dinikmati bersama secangkir susu atau kopi. Kue rintak ini merupakan penganan wajib yang harus ada saat lebaran.
  1. Tai Fu Sui
Tai fu sui atau susu kedelai Pangkalpinang banyak dibuat oleh orang tionghoa, namun ada juga yang orang melayu. Susu kedelai di sini dicampur dengan rasa buah-buahan dan dapat diminum dalam keadaan panas atau dingin, sesuai selera. Tersedia pada pagi dan malam hari.
  1. Rusip dan Kecalok
Rusip, makanan khas dari Pangkalpinang yang merupakan hasil dari fermentasi ikan bilis laut segar ditaruh dalam botol, selanjutnya dicampur garam dan gula aren. Makanan ini baru bisa dicicipi setelah sebulan, enak dimakan bersama dengan cabai dan bawang merah. Selain rusip, di sini juga ada pekasem (siput laut yang difermentasi) serta kecalok atau udang halus fermentasi.

   Nah, sekian. sebenarnya blog ini akan saya ikutkan dalam lomba blog dalam rangka ulang tahun Pangkal Pinang yang ke 259.Jadi,sekian dari saya wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 


 
      edit

0 komentar:

Post a Comment